Ingin Membuat Home Gym di Rumah? Simak Dulu Tipsnya di Sini

Sejak pandemi, mulai banyak orang yang menyadari pentingnya menjalani gaya hidup sehat. Salah satu cara yang biasa ditempuh adalah melakukan olahraga di gym atau pusat kebugaran.

Namun, karena pandemi, berolahraga di gym atau tempat publik lainnya dirasa terlalu berisiko. Jadi, pilihan yang dinilai paling aman adalah berolahraga di rumah. Untuk mengakomodasi kebutuhan untuk berolahraga di rumah, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat home gym.

Nah, sebelum memutuskan untuk membuat home gym, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya sesi berolahraga makin nyaman. Dilansir dari Cnet dan Shape.com, berikut tips dalam menyiapkan home gym di rumah.

Siapkan area khusus

Jika Anda memiliki area kosong di rumah, coba manfaatkan sebagai space khusus untuk menata home gym. Misalnya seperti sudut ruangan, kamar kosong, bahkan garasi. Sesuaikan luas area dengan kebutuhan olahraga Anda.

Namun, jangan berkecil hati bila Anda tinggal di rumah yang sempit. Cukup manfaatkan area yang sudah ada, lalu pilih jenis olahraga yang tidak memerlukan banyak peralatan atau ruang gerak. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan peralatan yang hemat ruangan.

Gunakan peralatan dasar dan multifungsi

Mungkin Anda tergiur untuk langsung membeli peralatan mahal seperti treadmill atau sepeda statis untuk home gym. Sebagai permulaan, cobalah untuk menggunakan peralatan basic yang bersifat multifungsi untuk menunjang hal-hal dasar.

Berikut beberapa peralatan dasar dan multifungsi yang bisa Anda gunakan untuk home gym:

  • Yoga mat untuk kegiatan seperti yoga, pilates, atau peregangan
  • Resistance band untuk latihan kekuatan dan peregangan
  • Kettlebell untuk latihan beban

Jika Anda sudah memiliki perlengkapan di atas dan ingin menambah peralatan lagi, coba pertimbangkan untuk menambah dumbbell, foam roller, atau barang lainnya sesuai kebutuhan.

Cari peralatan berkualitas dan terjangkau

Dalam mencari peralatan olahraga untuk home gym, peralatan yang mahal mungkin terlihat menjamin kualitas. Namun, jika budget Anda terbatas, jangan memaksakan diri untuk membeli beragam peralatan olahraga yang mahal.

Solusinya, Anda bisa membeli saat diskon atau menggunakan peralatan bekas yang kondisinya masih bagus. Anda juga bisa melakukan olahraga atau latihan yang tidak menggunakan peralatan untuk menekan pengeluaran.

Hindari peralatan yang tidak perlu

Saat mencari peralatan olahraga untuk home gym, Anda bisa saja menemukan produk yang terlihat lucu dan menjanjikan hasil secara instan. Padahal, tidak semua peralatan olahraga tersebut Anda butuhkan.

Selain tidak sepadan dengan uang yang dikeluarkan, banyak peralatan olahraga bersifat gimik yang tidak terlalu berguna untuk melatih tubuh Anda. Solusinya, tetap berpegang pada peralatan-peralatan olahraga yang esensial.

Tambahkan peralatan penunjang

Selain peralatan olahraga, Anda juga bisa menyiapkan peralatan lainnya untuk menunjang kegiatan olahraga di home gym.

Misalnya, Anda dapat menyiapkan tempat khusus handuk, botol air, speaker atau headset, bahkan TV atau tablet yang bisa digunakan untuk menonton video panduan olahraga. Tambahkan peralatan lain yang dirasa perlu untuk melengkapi home gym.

Pasang cermin badan

Ketika Anda berkunjung ke gym atau pusat kebugaran, pasti Anda akan mendapati keberadaan cermin yang dipasang pada dinding-dindingnya. Keberadaan cermin ini bukannya tanpa alasan.

Saat berolahraga, posisi dan gerakan yang benar sangat penting untuk memastikan Anda tidak cedera. Jadi, cobalah untuk memasang cermin seukuran badan sehingga Anda bisa memantau pergerakan saat berolahraga di home gym.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menyiapkan home gym sendiri di rumah. Selamat menjalani hidup sehat!


Sumber: Momsmoney.id

(sm/momsmoney)