Intip! Beberapa Rumah Unik Di Dunia

Siapa yang tidak ingin punya rumah dengan usaha sendiri? Pastinya semua orang ingin memiliki rumah impiannya apa lagi dengan usaha sendiri. keberhasilan memiliki rumah sendiri adalah nilai kebanggaan bagi setiap orang.

Zaman sekarang, untuk memiliki atau membangun rumah sangat membutuhkan peran desainer atau arsitek dan kontraktor rumah. Karena untuk membangun sebuah rumah diperlukan keahlian dan keterampilan khusus pada bidangnya.

Namun, ada beberapa orang yang kreatif dan bisa mendesain rumahnya sendiri hingga menyulapnya menjadi tampilan super unik. Apa saja rumah-rumah yang dibilang unik dan hanya ada satu di dunia? Berikut ini daftarnya:


1. Heliodome Strasbourg, Perancis


Pada bulan Agustus 2011 beberapa arsitek di Strasbourg, Prancis berhasil merancang rumah unik ini mirip dengan UFO.

Rumah ini dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memaksimalkan energi matahari dan sebuah alat yang dapat menjaga agar tetap dingin di musim panas dan tetap hangat di musim dingin.


2. Plastic Bottle House, Argentina


Alfredo Santa Cruz berhasil membangun rumah dari botol-botol plastik dan beberapa barang bekas lainnya. Namun, meskipun hanya barang-barang bekas bukan berarti konstruksinya sembarangan.

Karena Alfredo Santa Cruz berhasil membangun rumah dari barang-barang tersebut dengan kreatif sehingga indah. Rumah dengan desain barang-barang bekas khususnya botol plastik ini menjadi satu-satunya yang ada di dunia.


3. Mushroom House, Cincinnati (Amerika Serikat)


Terry Brown Bason membangun sebuah rumah berbentuk jamur di Cincinnati, Amerika Serikat. Terinspirasi dari kisah dongeng Alice in Wonderland, Terry Brown Bason menyelesaikan rumah jamurnya selama 14 tahun. Sayangnya tidak cukup waktu lama baginya untuk bisa tinggal di rumah jamur buatannya.

Pada tahun 2008 dia meninggal dunia, yang artinya dia hanya tinggal selama 2 tahun saja di rumah jamur tersebut. Rumah jamur yang didesain dan dibangun sendiri oleh Terry Brown Bason ini menjadi satu-satunya rumah dengan desain jamur yang ada di dunia.


4. Giant Seashell House, Meksiko


Pada tahun 2006, Javier Senosiain berhasil menyelesaikan pembangunan sebuah kerang raksasa di Mexico City. Rumah tersebut memiliki permukaan yang halus meskipun berbentuk spiral seperti cangkang keong pada umumnya.

Dilengkapi dengan jendela yang dari mozaik kaca, rumah ini menjadi satu-satunya rumah yang ada di dunia dengan desain rumah kerang.


5. Abuja Aeroplane House – Nigeria

Said Jamal pada tahun 2002 mendesain sebuah rumah seperti pesawat atas permintaan istrinya. Rumah yang dibangun di tengah kota Abuja tersebut menjadikan satu-satunya rumah di dunia dengan desain pesawat terbang di atas atapnya. Banyak orang yang kagum terhadap desain unik dari Said Jamal tersebut. Apalagi, untuk menyelesaikannya Said Jammal membangunnya sendiri, lho!


6. Coral Castle – Florida (Amerika Serikat)

Dibangun pada tahun 1940 dan baru selesai pada tahun 1968, Ed Leedskalnin mampu membuat rumah kastil dari batuan yang besar. Kastil memiliki obelisk sepanjang lebih kurang 40 kaki, beberapa patung, dan gerbang seberat 9 ton. Hebatnya dari Ed Leedskalnin adalah mengerjakannya sendiri tanpa melibatkan seorang pun. Dia hanya menjelaskan bahwa caranya adalah mengikuti konsep para arsitek mesir kuno dalam membangun piramida

Setelah Ed Leedskalnin meninggal, coral castle tersebut menjadi wahana hiburan di Florida. Rumah koral tersebut pernah sekali direnovasi karena mengalami keretakan pada bagian gerbang. Dibutuhkan setidaknya enam orang untuk menyelesaikannya. Menurut cerita, ketika ada badai Andrew di Florida, coral castle tersebut tidak mengalami kerusakan sama sekali.


(spacestok/deo)